Sekolah Siaga Bencana
(SSB) merupakan upaya membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana
dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan
baik individu maupun kolektif di sekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum,
saat maupun setelah bencana terjadi.
Tujuan:
1. Membangun budaya siaga dan budaya aman disekolah
dengan mengembangkan jejaring bersama para pemangku kepentingan di
bidang penanganan bencana;
2. Meningkatkan kapasitas institusi sekolah
dan individu dalam mewujudkan tempat belajar yang lebih aman bagi siswa, guru,
anggota komunitas sekolah serta komunitas di sekeliling sekolah;
3. Menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan
kebencanaan ke masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah.
Aspek yang diperhatikan:
a. Pengetahuan mengenai jenis bahaya, sumber
bahaya, besaran bahaya dan dampak bahaya serta tanda-tanda bahaya yang ada
di lingkungan sekolah;
b. Akses bagi seluruh komponen sekolah untuk
meningkatkan kapasitas pengetahuan, pemahaman dan keterampilan kesiagaan;
c. Pengetahuan sejarah bencana yang pernah terjadi
di lingkungan sekolah atau daerahnya;
d. Pengetahuan mengenai kerentanan dan kapasitas
yang dimiliki di sekolah dan lingkungan sekitarnya;
e. Pengetahuan upaya yang bisa dilakukan untuk
meminimalkan risiko bencana di sekolah;
f. Keterampilan seluruh komponen sekolah dalam
menjalankan rencana tanggap darurat;
g. Adanya kegiatan simulasi regular;
h. Sosialisasi dan pelatihan kesiagaan kepada warga
sekolah dan pemangku kepentingan sekolah.
Syarat Sekolah Siaga Bencana:
1. Ada komitmen dari Kepala Sekolah dankomunitas sekolah.
2. Ada dukungan dari Dinas Pendidikan diwilayahnya.
3. Ada dukungan dari organisasi terkaitpengurangan risiko bencana.
4. Melakukan penguatan kapasitas pengetahuandan keterampilan bagi guru dan
siswa sekolah.
5. Melakukan latihan berkala yang jelas dan terukur.
6. Adanya keterlibatan dukungan menerus dari Dinas Pendidikan dan organisasi
terkait PRB, termasuk dalam proses pemantauan dan evaluasi sekolah.
Sumber: http://p2mb.geografi.upi.edu/
0 komentar:
Post a Comment